Latest Post

kopassus

Cara Latihan Paru-Paru, No.3 Yang Tidak Umum

CARA LATIHAN PARU-PARU

Ilustrasi Paru-Paru Manusia


Dibawah ini saya akan coba jelaskan bagaimana cara mudah untuk meningkatkan dan memaksimalkan kapasitas udara paru-paru Anda.

Ikuti Langkah-Langkah Berikut ini dalam Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru :


1. Bernafaslah dalam-dalam.

Anda bisa meningkatkan jumlah udara yang bisa diserap oleh paru-paru Anda, tanpa harus menggunakan peralatan dan latihan. Triknya yang pertama adalah bernafas dalam-dalam secara teratur.

- Buanglah nafas Anda sepenuhnya, serta perlahan-lahan. Latih cara ini beberapa kali sebelum Anda memulai. Jangan biarkan sedikit udara pun berada dalam paru-paru Anda.
- Biarkan diafragma Anda turun, dengan cara yaitu buatlah otot perut Anda menjadi rileks. Perut Anda akan melebar saat diafragma Anda turun, sehingga membuat paru-paru Anda memiliki ruang yang luas.
- Lebarkan tangan Anda, agar dada Anda dapat ‘membuka.’


2. Tarik nafas Anda dalam-dalam.

Anda sebaiknya mengisi paru-paru Anda dengan udara sekitar 80-85% kapasitas dari paru-paru Anda, memberikan ruang pada tubuh Anda untuk rileks. Dengan cara tarik nafas dalam-dalam melalui hidung. Rasakan saat dimana paru-paru Anda terasa hampir penuh dan tambahkan sedikit udara. Kemudian hembuskan perlahan. Ulangi langkah ini sebanyak 3 kali atau sebanyak Anda melakukan langkah pertama.


3. Guyurlah wajah Anda dengan Air.

Lakukan langkah ini sambil menahan nafas. Para peneliti mendapati bahwa mengguyur muka Anda dengan air akan meningkatkan bradycardia (bradycardia:memperlambat denyut jantung), atau fase pertama dari reflex diving mamalia. Saat tubuh Anda bersiap-siap untuk menyelam, dimana Anda membutuhkan jantung Anda untuk berdetak secara efektif dan menyalurkan oksigen di sepanjang pembuluh darah, agar Anda dapat hidup dan bergerak lebih leluasa saat diving.

Gunakan air yang sejuk, tetapi hindari air dingin. Karena air dingin akan membuat tubuh Anda bereaksi dengan reflex baru. Bukannya membuat nafas Anda rileks, melainkan membuat Anda bernafas lebih kencang. Yangmana hal ini akan mengganggu kemampuan Anda untuk berlatih menahan nafas dalam waktu yang lama.


4. Rilekskan otot dan tahan nafas Anda.

Cobalah untuk bermeditasi, atau menutup mata Anda. Semakin sedikit energi yang Anda gunakan, semakin lama pula kemampuan tubuh Anda dalam menahan nafas.

Hitunglah 1 sampai 100 di dalam pikiran Anda. Berfokuslah pada angka yang sedang Anda pikirkan. Yakinkan tujuan Anda adalah menghitung hingga mencapai angka 100.
Ingatlah angka manakah yang Anda dapatkan, sampai Anda benar-benar tidak dapat menahan nafas Anda lagi. Angka tersebut akan menjadi acuan untuk percobaan berikutnya. Agar Anda dapat melampaui angka tersebut pada hitungan berikutnya.


5. Hembuskan nafas perlahan-lahan, ulangi 3-4 kali.

Jangan biarkan udara keluar terlalu cepat. Hembuskan sepelan mungkin. Setelah Anda telah berlatih dalam satu repetisi, lakukan metode ini mulai dari awal.
Setelah 3 atau 4 kali percobaan, estimasinya paru-paru Anda akan mampu menampung udara lebih banyak daripada 20 menit sebelum melakukan metode ini.


Berlatih dengan metode ini juga akan membantu Anda untuk melatih paru-paru Anda dalam jangka panjang. Demikian penjelasan untuk meningkatkan kapasitas paru-paru, semoga bermanfaat. Terimakasih… Selamat Mencoba...
Cara Latihan Paru-Paru, No.3 Yang Tidak Umum Reviewed by Rochmad Widiyantoro on 11:26:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by SAMAPTA 55 © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright by Rochmad Widiyantoro. Powered by Blogger.