Latest Post

kopassus

Otot Tangan - Tips Latihan PULL UP

Recommendations LATIHAN PULL UP


Salah satu item tes samapta adalah Pull Up. Nah, bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam melakukan Pull Up?
Gerakan Pull Up sangat sederhana, namun cukup banyak yang mengaku bahwa melakukan Pull Up cukup sulit. Terlebih mereka yang termasuk pemula. Jika Anda baru untuk melakukan pull up, cobalah terlebih dahulu melatih beberapa bagian tubuh tertentu yang menunjang gerakan Pull Up.


Pull Up


BERIKUT INI BEBERAPA MANFAAT MELAKUKAN PULL UP :
1. Meningkatkan kekuatan otot bagian atas
Kekuatan otot bagian atas akan meningkat, terutama pada lengan bawah, bahu dan punggung belakang atas.
2. Daya cengkram tangan meningkat
Kekuatan genggaman Anda juga akan meningkat dengan melakukan pull up secara rutin. Karena salah satu teknik melakukan pull up adalah genggaman tangan juga menahan seluruh berat badan Anda.
three. Jantung Akan Lebih Kuat
Yang tak kalah penting lainnya adalah, melakukan pull up juga dapat melatih jantung Anda. Dengan rutin melakukan latihan, maka jantung juga akan dilatih untuk menjadi lebih kuat.


Guidelines PULL UP :
Agar latihan pull up yang dilakoni berbuah maksimal serta mencegah cedera, maka lakukanlah latihan ini dengan benar.
1. Pegangan
Pegangan yang tepat akan sangat penting untuk memaksimalkan latihan dan mencegah cedera. Beberapa variasi latihan pull up memiliki gaya pegangan yang berbeda-beda. Namun untuk samapta, pegang mistar pull up atau tiang dengan telapak tangan menghadap ke depan serta posisi pegangan selebar bahu. Gunakan otot bisep untuk mengangkat tubuh Anda.
2. Kepala dan tubuh tetap tegak
Jangan menekuk tubuh ketika melakukan pull up, kepala mengarah ke lantai, atau membungkukkan bahu Anda karena hal itu dapat berujung pada cedera. Usahakan kepala dan tubuh Anda tetap tegak, melihat ke depan atau pada mistar pull up.
3. Kaki rapat satu sama lain
Hindari menyilangkan kaki bagian bawah saat melakukan pull up, hal itu akan membuat gerakan Anda tidak di hitung saat melakukan pull up. Namun apabila hanya untuk latihan saja, tidak masalah. Selain itu, cara ini juga dapat mencegah kaki berayun ketika melakukan pull up.


BAGAIMANA CARA AGAR MELAKUKAN PULL UP LEBIH BANYAK?
1. Bertahap Melakukan Pull Up
Menentukan goal adalah salah satu cara untuk meningkatkan kinerja latihan kita. Termasuk pull up. Jika saat ini Anda telah berhasil melakukan lima kali pull up tiap latihan, maka coba tambah menjadi enam kali pada latihan berikutnya. Meski pada pengulangan keenam Anda hanya berhasil setengah, hal itu menunjukkan perkembangan.
2. Tingkatkan Intensitas Pull Up
Jika biasanya melakuakan latihan pull up 2-three kali seminggu, coba tambah menjadi 3-4 kali according to minggu. Perlu diperhatikan, melatih kelompok-kelompok otot yang sama setiap hari tidak direkomendasikan. Karena itu, latihan pull up sebaiknya berikan jarak satu hari di antara setiap latihan (asumsinya adalah dengan diimbangi pola makan tepat serta istirahat cukup).
three. Tambahkan Beban
Latihan semakin sulit maka latihan yang dihasilkan pun dapat meningkat. Ini (weighted pull up) merupakan salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan Anda melakukan pull up. Anda bisa menggunakan sabuk latihan untuk mengaitkan beban agar menggantung di pinggang atau kaki Anda.




Recommendations PULL UP (LAIN-LAIN)
Sudah cukup hanya melakukan latihan saja? Belum. Ada beberapa faktor lain yang juga berpengaruh pada kemampuan Anda untuk melakukan gerakan pull up. Antara lain :
1. Pola Tidur
Jangan sepelekan kualitas tidur Anda. Jika memang Anda berniat untuk meningkatkan kekuata tubuh, maka perlu diperhatikan juga kualitas tidur Anda. Memiliki tidur malam yang cukup sangat berperan penting dalam software Anda karena ketika tidur, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan otot atau growth hormone (GH). Kebutuhan tidur tiap-tiap orang berbeda. Namun, umumnya disarankan sekitar 7-9 jam.
2. Faktor Berat Badan
Pull up merupakan salah satu body weight training atau latihan dengan menggunakan berat tubuh sebagai beban. Jika tubuh Anda terlalu gemuk, mustahil pull up sangat sulit atau bahkan mustahil untuk dilakukan. Karena itu, sangat penting untuk menurunkan berat badan jika memang bobot tubuh Anda berlebih. Kuncinya adalah dengan berolahraga dan pola makan yang sehat. Serta tambahkan asupan suplemen pembakar lemak untuk mengoptimalkan penurunan berat badan.


JANGAN LAKUKAN INI!!!
Selain itu, ada beberapa hal yang perlu dihindari :
1. Jangan meletakkan kepala Anda membelakangi mistar pull up
2. Jangan berayun-ayun
3. Jangan melompat ketika melakukan atau selesai pull up
4. Jangan melakukan pull up dulu apabila Anda mengalami masalah pada tulang belikat, bahu, siku, leher, atau pergelangan tangan akibat cedera






So, langkah utama untuk menambah jumlah pull up yang Anda lakukan latihan rutin, pola makan sehat, serta istirahat yang cukup. Demikian penjabaran beberapa pointers mengenai pull up, semoga membantu dan bermanfaat, terimakasih...

Otot Tangan - Tips Latihan PULL UP Reviewed by Rochmad Widiyantoro on 01:10:00 Rating: 5

7 comments:

  1. Bang mau nanya klo misalnya kan di tes kesemaptaan itu minimal 7 untuk 1 menit nah terus kalo cuma kuat 4 kali tapi waktu belum abis lalu dilanjut lagi dapet 3 itu berarti hitungan akhirnya 7 juga? ato 7 kali dalam 1 menit itu harus sekaligus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekaligus lah. Yg penting jngn di lepas pegangan nya. Mau naik 2 dulu trs gantung trs lanjut lagi gapapa asal jngn di lepas pegangan nya. Intinya 1 menit lakuin itu tanpa terlepas dri tiang

      Delete
  2. Bang, izin mau tanya saya kemarin bisa pull up 6 kali tapi saat saya coba fitnes terus malah gak bisa pull.up sama sekali kenapa itu bang? Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bro sya juga kek gitu...mohon penjelasannya bang...
      Reply plss

      Delete
    2. Kemungkinan otot kamu itu kelelahan. Coba kurangi aja fitnesnya. Usahakan kasih istirahat yg cukup buat badan kamu. Terus makanannya itu diliat juga. Bnyakin protein

      Delete

All Rights Reserved by SAMAPTA 55 © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright by Rochmad Widiyantoro. Powered by Blogger.