Latest Post

kopassus

Jasmani - TES SAMAPTA WANITA

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “samapta” berarti “siap siaga”. Sehingga tes samapta dapat kita artikan sebagai tes untuk mengetahui kesiapsiagaan seseorang untuk melaksanakan kegiatan tertentu. Tes samapta sering dilakukan oleh instansi yang tiap personelnya dituntut kesiapsiagaan setiap anggotanya. Seperti TNI, POLRI, PNS Kemenkumham, safety, dan lain-lain. Namun lebih sering kita jumpai dalam keseharian TNI atau POLRI yang dituntut memiliki kesiapan untuk menghadapi segala ancaman.





Lari Samapta Wanita





Pada artikel kemarin, saya membahas tes samapta pria dengan bermacam tesnya. Sekarang kita membahas tentang tes samapta wanita. Mari kita simak.





Berikut adalah materi TES SAMAPTA WANITA yang perlu anda latih :



GARJAS “A”



LARI

Dahulu, tes samapta A bagi para wanita pelamar pada semua matra, baik TNI/POLRI adalah lari 12 menit dengan jarak minimal untuk lulus adalah mampu berlari sejauh 1960 meter. Sehingga apabila dalam waktu yang ditentukan (12 menit) tidak mampu melampaui target jarak minimum yang ditentukan, maka pelamar dinyatakan gugur. Namun bukan itu saja yang menyebabkan gagal dalam tes. Walaupun jarak larinya melampaui goal, tetapi apabila diketahui sekali saja berjalan saat pelaksanaan tes samapta A, maka juga akan dinyatakan gugur.



CONTOH :

1.      “Anda mampu berlari pada lintasan atletik stadion (400 meter) sebanyak minimum 5x putaran dalam waktu 12 menit” >> ANDA LOLOS dengan nilai bypass In Grade (Batas Bawah Lulus)

2.      “Anda mampu berlari pada lintasan atletik stadion (400 meter) sebanyak minimum 5x putaran dalam waktu 12 menit. Namun ditengah jalannya tes anda diketahui berjalan, maka ANDA DI DISKUALIFIKASI. Karena bukan hanya jarak yang dihitung, melainkan juga ketahanan fisik atau stamina pelamar juga dilihat, mampu bertahan atau tidak untuk berlari sejauh itu.”



Namun sekarang atau sejak sekitar tahun 2012 (CMIIW) ada sedikit perubahan pada tes samapta, khususnya di TNI advert. Untuk matra lain yaitu AU, AL dan POLRI sepertinya masih menggunakan tes samapta A seperti yang lama yaitu lari 12 menit. Untuk tes samapta A wanita di TNI ad adalah lari sejauh 3200 meter diusahakan ditempuh dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Sehingga ada perbedaan dari tes lari versi lama yang berpatokan pada jarak, tes lari versi baru ini berpatokan dengan waktu. Namun masih DILARANG BERJALAN selama pelaksanaan tes lari. Tes lari versi baru ini, waktu batas maksimal untuk lulus pass In Grade (Batas Bawah Lulus) pada tes lari sejauh 3200 meter untuk wanita pelamar adalah 22 menit 5 detik, sedangkan untuk nilai sempurna (100) adalah dengan waktu 13 menit 20 detik.



CONTOH :

1.      “Apabila anda mampu berlari sejauh 3200 meter, waktu yang anda capai melebihi 22 menit 5 detik, maka ANDA TIDAK LULUS.”

2.      “Apabila anda mampu berlati sejauh 3200 meter, waktu yang anda capai kurang dari 22 menit five detik, namun di saat pelaksanaan anda ketahuan berjalan, maka ANDA TIDAK LULUS atau DISKUALIFIKASI.”



GARJAS “B”



Pada GARJAS B ini terdapat beberapa item sebagai berikut :



- CHINNING

Untuk mendapatkan nilai sempurna (a hundred) pada item tes garjas B ini adalah dengan melakukan gerakan Chinning (harus) dengan benar sebanyak sixty three kali atau melakukannya sebanyak minimal 34 kali untuk KOWAD/KOWAL/WARA. Serta sebanyak 72 kali atau minimum forty two kali untuk POLWAN untuk mendapat nilai bypass In Grade (Batas Bawah Lulus) dalam waktu 1 menit.

Kenapa harus dengan benar?? Karena setiap gerakan Chinning yang tidak benar, TIDAK AKAN DIHITUNG oleh testor walaupun melakukan banyak gerakan seperti Chinning.



Gerakan Chinning yang Benar :

1.      Pakailah mistar Chinning yang setinggi dada atau lebih sedikit, diharapkan saat melakukan gerakan, posisi badan dapat membentuk sudut 45 derajat.

2.      Persiapan (Aba-aba dari testor), tangan menggenggam mistar Chinning, tangan siku lurus, kaki lurus ke depan sekitar 30cm, badan miring membentuk sudut 45 derajat.

three.      Yak, Mulai, cross, Peluit (Aba-aba dari testor), mengangkat badan ke depan atas menggunakan kekuatan tangan hingga dada atau leher bawah menyentuh mistar.

4.      Ketika badan turun, tangan, siku, badan dan kaki harus benar-benar lurus.

five.      Gerakan dilakukan Kontinyu semaksimal mungkin. DILARANG MENGAYUN dan sejenisnya.



- sit up

Untuk mendapatkan nilai sempurna (one hundred) pada item tes garjas B ini adalah dengan melakukan gerakan sit up straight sebanyak forty two kali dalam waktu 1 menit minimal 20 kali untuk memdapat nilai pass In Grade. Tes sit up saya katakan adalah item tes paling mudah diantara object tes lain di garjas B. Namun anda jangan anggap remeh. Karena apabila tidak anda latih maksimal dan benar, maka hasilnya akan jauh dari harapan.



Gerakan sit up yang Benar :

1.      Pakailah tempat tumpuan yang kuat untuk melakukan sit up straight, misalnya mistar yang ditanam di semen setinggi 10-15cm sebagai tumpuan kaki. Pakailah sepatu agar kaki tidak lecet.

2.      Setelah kaki mendapat tumpuan yang baik, rebahkan badan anda, kaki ditekuk ke atas, usahakan pantat lebih dekat ke tumit agar gerakan lebih ringan dan cepat.

three.      Beda dengan sit up straight Pria yang jari tangannya dianyam di belakang kepala. Untuk wanita, tangan lurus ke bawah di samping badan dengan telapak tangan terbuka menghadap ke lantai.

four.      Lakukan gerakan sit up straight, angkat badan, lakukan gerakan memeluk kedua kaki dengan menggunakan kedua tangan, dagu melewati kedua lutut. Lakukan gerakan ini secara kontinyu.

five.      Saat badan turun, telapak tangan memukul/menampar matras/lantai hingga membuat bunyi “Plak..Plak..Plak!!!” sehingga memudahkan lecutan badan yang membantu anda untuk bangun dan menghitung (bagi testor)



- PUSH UP

Untuk mendapatkan nilai sempurna (one hundred) pada object tes garjas B ini adalah dengan melakukan gerakan Push Up wanita dengan benar sebanyak 28 kali dalam waktu 1 menit serta sebanyak 10 kali untuk mendapat nilai bypass In Grade.



Gerakan Push Up yang Benar :

1.      Posisikan badan tengkurap, telapak tangan membuka sebagai tumpuan, tangan diposisikan selebar bahu. Usahakan siku tangan lebih dekat atau menempel dengan badan agar gerakan lebih ringan dan sempurna nantinya.

2.      Persiapan (aba-aba dari testor), badan diangkat, tangan siku lurus. Beda dengan Push Up Pria, untuk wanita ada perbedaan pada tumpuan bawah yaitu menumpu pada lutut sedangkan pada pria tumpuan bawah pada ujung kaki. Untuk pelaksanaan sama yaitu lutut dibuka selebar bahu dibuka selebar bahu.

3.      Yak, Mulai, go, peluit (aba-aba dari testor), badan turun ke bawah, siku membentuk sudut ninety derajat atau kurang, dimaksudkan agar dada lebih dekat atau menyentuh lantai. Bagian badan yang boleh menyentuh lantai hanya telapak tangan, lutut dan dada. Apabila anggota badan lain menyentuh lantai, misalnya perut, gerakan tidak akan dihitung, atau parahnya diskualifikasi.

4.      Saat naik, posisi seperti pada Persiapan. Lakukan secara kontinyu dan benar. Saat membuat gerakan, DILARANG MENGAYUN atau seperti gelombang. Badan dari ujung kepala hingga lutut bergerak naik turun bersama-sama.



- go back and forth RUN

Tes ini adalah tes yang menunjukkan ketangkasan. Dilakukan dengan berlari sprint membentuk angka 8 melewati 2 tiang yang berjarak 10 meter secara bolak-balik sebanyak 3 putaran. Untuk mendapat nilai maksimal (one hundred), waktu yang dicapai adalah 17,0 detik dan 23,0 detik untuk mendapat nilai skip In Grade.



Gerakan trip Run yang Benar :

1.      Sama dengan Shuttel Run Pria.

2.      Siapkan 2 tiang setinggi 1,5 meter, dirikan dan atur jarak mereka sejauh 10 meter.

three.      Ambil posisi start sebelah kanan tiang. Lakukan start melayang, posisi ujung kaki dilarang melebihi tiang.

four.      Yak, Mulai, go, Peluit (aba-aba dari testor), mulailah berlari membentuk angka eight dengan bantuan tiang tersebut. Usahakan saat lari, saat berbelok, badan lebih dekat ke tiang, namun tangan dilarang memegang tiang,

5.      Lakukan gerakan membuat angka eight sebanyak three kali.

6.      Jangan sekali-kali mengurangi kecepatan jika ingin memperoleh waktu tercepat dan terbaik.

7.      Pakailah sepatu dengan grib yang masih baik untuk menghindari terpeleset.







GARJAS “C”



KETRAMPILAN RENANG

Jarak yang harus di tempuh saat melaksanakan garjas C bagi wanita adalah sama dengan pria yaitu berenang sejauh 50 meter. Dapat menggunakan gaya apapun. Namun untuk mendapatkan nilai terbaik, sebaiknya anda menggunakan gaya dada / katak. Untuk mendapat nilai sempurna (one hundred), waktu yang harus dicapai adalah 38 detik atau kurang dan 1 menit 38 detik untuk mendapat nilai pass In Grade. Untuk batasan waktu yang wanita belum mendapat informasi pasti tetapi akan diusahakan untuk mendapatkan informasinya.







Demikian recommendations yang dapat saya share kepada anda-anda yang mempunyai cita-cita menjadi dan ingin mendaftar menjadi calon TNI. Lakukan latihan secara kontinyu dan bertahap. Yakin pasti bisa. SELALU SEMANGAT BERLATIH dan BERDOA !!! Terimakasih.
Jasmani - TES SAMAPTA WANITA Reviewed by Rochmad Widiyantoro on 01:10:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by SAMAPTA 55 © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright by Rochmad Widiyantoro. Powered by Blogger.