Latest Post

kopassus

Otot Tangan - Variasi Gerakan Push Up

Macam-Macam Variasi Gerakan Push Up

Bagi anda yang sering melakukan gerakan push up, pasti ada saat dimana push up menjadi terlalu mudah dan tidak menantang. Selain kebosanan yang akan muncul karena melakukan gerakan push up yang monoton, tubuh anda pun pasti sudah terbiasa dengan pola gerakan tertentu sehingga perkembangan otot menjadi tidak signifikan. Melakukan macam-macam variasi gerakan push up akan membuat terjadinya pembentukan pada otot yang berbeda sehingga otot tubuh cepat berkembang dan menimbulkan efek psikologis baru.

Ilustrasi Gerakan Pus Up Biasa/Normal


Inilah 8 Variasi Gerakan Push Up Untuk Membentuk Otot Tubuh anda:


1. Push Up Melebar.
Push up ini lebih menargetkan perkenaan pada otot dada. Caranya adalah mulai dari posisi seperti push up biasa, namun perbedaanya telapak tangan digeser ke arah samping sehingga lebih lebar dari bahu. Posisi ini membuat beban tertumpu pada dada dan bahu, sehingga sangat efektif dalam membentuk otot dada.


2. Push Up Diamond
Push up ini menargetkan perkenaan pada otot trisep. Caranya adalah mulai dari posisi push up biasa kemudian dekatkan kedua telapak tangan (tempelkan kedua jempol dan telunjuk) hingga membentuk segitiga, lebar kan kaki selebar bahu atau lebih untuk menjaga keseimbangan. Beban tubuh pada posisi ini akan tertumpu pada tangan (otot tricep) dan bahu.


3. Push Up Satu Kaki.
Push up ini menargetkan perkenaan pada seluruh tubuh bagian atas dan otot sekitar perut. Caranya adalah dari posisi push up biasa, namun 1 kaki diangkat dan lakukan gerakan push up dengan 1 kaki tetap dalam kondisi terangkat. Karena push up ini hanya menggunakan 1 kaki sebagai penyeimbang, maka beban tubuh hanya terfokus pada area bagian atas.


4. Push Up Tepuk Tangan.
Push up ini menargetkan pada otot dada dan lengan. Caranya adalah mulai dari posisi push up biasa, ketika anda melakukan push up lakukan dengan tekanan kuat ke lantai sehingga tangan anda terlepas (keatas) dari lantai, kemudian lakukan tepuk tangan sebanyak 1 kali lalu mendarat ke posisi semula. Peringatan, push up ini cukup berbahaya jika reflek tepuk tangan anda buruk. Karena ketika telapak tangan anda mendarat dilantai apabila salah mendarat dan terlambat mendarat bisa mengakibatkan tangan anda terkilir.


5. Push Up Tangan Terbalik.
Push up ini menargetkan otot bahu dan bisep. Push up ini dimulai dengan posisi push up biasa kemudian telapak tangan diputar kebelakang hingga jari tangan kita menghadap ke belakang. Peringatan, jika tangan belum kuat jangan lakukan push up ini karena gerakan ini membutuhkan otot lengan yang kuat.


6. Push Up Jari.
Push up ini menargetkan pada otot lengan. Mulailah push up ini dengan posisi push up biasa lalu naikkan jari anda keatas agar tumpuan terpusat pada jari-jari tangan. Push up ini mebutuhkan otot lengan dan jari yang kuat. Gerakan ini dapat memperkuat jari dan lengan kita sehingga dapat mencengkram dengan kuat.


7. Push Up Menggenggam.
Push up menargetkan pada pergelangan tangan sehingga menjadi favorit para atlet bela diri agar tangannya kuat untuk meninju. Push up ini dilakukan dengan mengepalkan kedua tangan lalu dengan menggunakan ujung kepalan tangan (terkadang hanya ujung kepalan tangan jari telunjuk dan jari tengah) lakukan push up seperti biasa.


8. Push Up Satu Tangan.
Push up ini menargetkan otot lengan. Caranya ialah mulai dengan posisi push up normal lalu renggang kan kedua kaki agar tubuh seimbang. Miringkan badan ke arah salah satu tangan sehingga telapak tangan tersebut berada ditengah. Angkat tangan satunya letakkan dibelakang punggung, lalu lakukan gerakan push up. Variasi gerakan push up ini lebih baik dilakukan jika tangan dan kaki anda sudah kuat karena butuh keseimbangan dan kekuatan lengan.


Lakukan gerakan-gerakan push up tersebut dengan benar agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang anda inginkan. Lebih baik ada pendamping/teman saat belajar melakukannya dan berhati-hatilah ketika melakukan gerakan yang sulit seperti push up tangan terbalik, push up satu tangan dan push up tepuk tangan. Dengan melakukan variasi gerakan push up tersebut tentu saja diharapkan kemampuan latihan anda akan meningkat dan akan mempengaruhi perubahan kekuatan fisik anda secara signifikan.


Demikian penjelasan Variasi Gerakan Push Up, semoga bermanfaat…

Terimakasih dan Selamat Berlatih...
Otot Tangan - Variasi Gerakan Push Up Reviewed by Rochmad Widiyantoro on 12:42:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by SAMAPTA 55 © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright by Rochmad Widiyantoro. Powered by Blogger.