Latest Post

kopassus

Tes Samapta di CPNS Kemenkum HAM. Lebih Ringan dari TNI POLRI??

Salam jumpa kawan-kawan Samapta55. Negara telah sudah sejak lama membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan membuka pendaftaran pada hampir setiap tahun. Salah satu instansinya yang membuka lowongan ini adalah Kementerian Hukum dan HAM. Tentu saja yang ingin mendaftar sebagai CPNS harus mengikuti serangkaian tes jika sudah lolos administrasi, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar.

Tiga lulusan terbaik ini akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Seleksi ini bisa dilakukan dengan computer assissted test (CAT) dan dapat ditambah dengan tes lainnya sesuai dengan kebutuhan jabatan.

Untuk instansi yang belum siap untuk melaksanakan seleksi kompetensi bidang menggunakan CAT, dapat melakukan minimal dua bentuk tes, seperti tes praktik kerja, tes fisik/kesamaptaan, psikologis, dan wawancara.

Berbicara tentang tes kesamaptaan, panitia seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM akan memberlakukan tes kesamaptaan untuk pelamar dari lulusan SMA/sederajat, khususnya untuk penjaga tahanan alias sipir. Tapi, apa itu tes kesamaptaan? Harusnya sudah tau ya..



Tes kesamaptaan adalah salah satu tahap seleksi hampir sama dengan melakukan tes fisik atau tes kesehatan yang diikuti calon pelamar. Kesamaptaan berasal dari kata samapta yang memiliki arti ready atau prepared atau bisa juga diartikan kesiapasiagaan fisik.

Tes kesamaptaan terdiri dari beberapa jenis. Diantaranya seperti laripush upsit uppull up dan chining, dan shuttle run. Untuk lari, biasanya dilakukan selama 12 menit bagi pria dengan minimal jarak tempuh 1200 meter. Sedangkan untuk wanita lari lebih lama 2 menit yakni 14 menit dengan minimal jarak tempuh 1200 meter. Gampang kan? Lebih gampang dari samapta TNI/POLRI.

Selanjutnya, push upPush up dilakukan untuk mengetahui daya tahan lengan bagian luar. Standar push up untuk Laki-Laki antara 35 sampai 40 kali, dan standar push up untuk wanita antara 30 sampai 35 dengan waktu biasanya 1 menit. Sit Up adalah gerakan duduk kemudian bangun. Test ini bertujuan untuk mengetahui daya tahan serta fleksibilitas otot perut. Standar untuk Laki-Laki 35-40 kali, standar untuk wanita 30 kali dengan waktu 1 menit.

Adapun  untuk pull uppull up  dilakukan untuk mengetahui kekuatan otot lengan. Pull up adalah gerakan dengan cara seperti bergantung pada tiang horizontal kemudian menarik badan keatas sampai dagu melewati tiang itu dan kembali turun sampai tangan lurus dengan standar untuk laki-laki 10 kali.

Yang terakhir adalah shuttle runShuttle run adalah lari membentuk angka 8. Lari dengan kecepatan penuh (sprint) melewati 2 patok besi yang berjarak kurang lebih 10 meter dengan titik awal sebelah kanan patok belakang. Setelah ada aba2 start/peluit, anda lari dari titik awal itu menuju sebelah kiri patok depan kemudian memutari patok itu sampai berada di sebelah kanan patok depan, setelah itu lari kembali ke patok belakang sebelah kiri, memutari patok itu sampai berada di sebelah kanan patok belakang kembali.

Lari membentuk angka 8 itu dilakukan sebanyak 3 kali putaran dan dicatat waktu tercepatnya dan ingat, harus dilakukan dengan kecepatan penuh agar nilainya bagus. Tes ini untuk mengukur akselerasi dan kelincahan tiap peserta. Sahabat Dream sebaiknya mengupayakan agar waktu yang diperlukan tidak lebih dari 20 detik.

Gimana kawan-kawan Samapta 55, berminat mendaftar??

SALAM SAMAPTA!!!
Tes Samapta di CPNS Kemenkum HAM. Lebih Ringan dari TNI POLRI?? Reviewed by Rochmad Widiyantoro on 09:06:00 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by SAMAPTA 55 © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright by Rochmad Widiyantoro. Powered by Blogger.